MONUMEN MANDALA

Wednesday, February 8, 2017

MONUMEN MANDALA

Gambar terkait
Monumen mandala dibangun pada tahun 1994 dan selesai pada tahun 1996 untuk mengenang jasa pahlawan dalam pembebasan irian barat dari tangan para penjajah sekaligus hadiah atas jasa mantan presiden yang ke-2 yaitu soeharto. manta presiden kedua indonesia itu juga merupakan panglima komando mandala yang berperan penting dalam mengatur strategi untuk membebasan irian barat. sampai di ketahui, memproklamirkan kemerdekaan hampir 20 tahun namun belanda masih menguasai wilayahirian barat. sejak operasi pembebasan berhasil, irian barat pun kembali ke pangkuan ibu pertiwi.


monumen mandalah merupakan menara yang menjulang setinggi 75 METER di pusat kota makassar. monumen mandala terdiri dari 4 lantai, di lantai 1 terdapat diorama relief dan replika pakaian dan perjuangan masyarakat sulawesi selatan pada abad XVII. sedangkan pada lantai 2 terdapat diaroma dan relife yang menceritakan tentang perjuangan pembebasan irian barat. sedangkan di lantai 3 kita bisa melihat replika ruang kerja panglima mandala, lengkap dengan peta irian barat,  foto-foto persiapan pemberangkatan pasukan, tanda jabatan dan pakaian yang di pergunakan pada saat operasi mandala, memasuki lantai ke 4 adalah ruang pandang di mana kita dapat melihat suasana kota makassar dengan ketinggian 73-75 meter dari permukaan tanah .
Hasil gambar untuk monumen mandalapada dinding luar monumen mandala direaliris kobaran api yang melambangkan GELORA SEMANGAT untu membebaskan irian barat, sedangkan di dalam tubuh monumen mandala terdapat relief yang menceritakan perjuangan pembebasan irian barat.

operasi pembebasan irian barat di mulai pada tanggal 2 januari 1962 dengan keluarnya keputusan presiden tentang pembentukan komando mandala dan sepuluh hari setelahnya presiden soekarno mengangkat myjen TNI soeharto sebagai panglima mandala dan makassar ditetapkan sebagai markas komando mandala. dari markas yang terletak di jalan jendral sudirman, operasi untuk merebut irian barat dikendalikan hingga akhirnya indonesia berdaulat penuh atas irian barat sejak 1 mei 1963. 

monumen ini merupakan kenangan indah yang di sumbangkan untuk menghargai soeharto sebagai panglima komando pembebasan irian barat dengan desai yang sangat menarik yakni monumen dibuat dengan bentuk segitiga sama sisi menyimbolkan  tiga komando rakyat (trikora) . pada bagian bawahnya terdapat relief lidah api yang menjadi simbol semangat dari trikora. sementara relief di bagian atas melambangkan semangat yang tidak pernah padam. selain itu ada 27 patung  batang bambu runcing sebagai simbol instrumen perjuangan fisik rakyat saat itu.

0 comments:

Post a Comment

Translate

Asli Bugis Makassar. Powered by Blogger.