SUNGAI RONGKONG

Wednesday, February 15, 2017

SUNGAI RONGKONG

Hasil gambar untuk kecamatan sabbangSungai rongkong  adalah merupakan sungai terbesar di kabupater luwu utara. sungai yang berhulu di pengunungan kambuna dan berhilir di teluk bone ini memiliki panjang sekitar 108 kilometer dengan melintasi dua wilayah yaitu kabupaten luwu utara dan kabupaten luwu. untu mencapai sungai rongkong anda harus mencapai SABBANG yaitu kecamatan di kabupaten luwu utara yang terletak sekitar 480 kilometer dari makassar. perjalanan dapat memakan waktu 9 jam.

sungai ini sering di jadikan untuk sebagai tempat wisata olahraga arung jeram. di mana akses menuju titik start yaitu di desa tandung juga cukup mudah untuk di jangkau. prasarana jalan menuju desa tersebut sebagian besar sudah beraspal. dan juga untuk ke sana anda pun harus sedikit berhati-hati karna jalan licin ketika hujan turun.

sungai rongkong tergolong sungai kelas 3-4 (intermediate) dengan gradiant 12-15 m/km, yaitu aliran arus yang sedang dan tidak beraturan. kondisi arus seperti ini mengindikasikan bahwa aliran sungai rongkong tidak terlalu curam dan tidak memliki jeram-jeram yang berbahaya. meskipun demikian arus sungai ini tetap menjadi tantangan sendiri bagi anda yang ingin menguji adrenalin karena jeram-jeramnya cukup rapat.

Hasil gambar untuk sungai rongkong
selain itu kawasan sungai rongkong juga menawarkan pemandangan yang indah. anda dapat menyaksikan hutan tropis dan aneka ragam flora dan fauna khas sulawesi, seperti iguana sulawesi dan kadal terbang. selain itu andapun bisa menikmati kesejukan air sungai yang jernih. setelah anda capek dan lapar anda bisa menyantap masakan khas daerah sana yaitu kapurung dan juga apabila anda ke sana tepat pada musim buah durian maka anda jangan sampai ketinggalan atau di lewatkan untuk mencicipinya.

0 comments:

Post a Comment

Translate

Asli Bugis Makassar. Powered by Blogger.