BANTIMURUNG

Wednesday, September 23, 2015

BANTIMURUNG
        bantinmurung bulusaraung terletak di sulawesi selatan, bantinmurung terletak di wilayah kabupaten maros dan kabupaten pangkajene kepulauan pangkep. 

taman nasional ini ditunjuk menjadi kawasan konservasi atau taman nasional pada tanggal 18 oktober 2004. taman bantimurung ini sendiri di jadikan sebagai tempat wisata karena memiliki keunikan yaitu : karst, goa-goa, dengan stalanit dan stalakmit yang indah, dan yang paling dikenal oleh masyarakat maupun turis mancanegara dikenal dengan kupu-kupunya dan di juluki sebagai the kingdom of butterfly yang artinya kerajaan kupu-kupu.

selain di kenal dengan kupu-kupunya taman nasional ini juga menyuguhkan wisata alam berupa lembah bukit kapur yang curam dengan vegetasi tropis, air terjun , dan gua yang merupakan habitat beragam jenis spesies termaksud kupu-kupu. taman nasional bantimurung menonjolkan kupu-kupu sebagai daya tarik utamanya. di tempat ini sedkitinya ada 20 jenis kupu-kupu yang di lindungi pemerintah, bahkan beberapa spesies unik hanya terdapat di sulawesi selatan yaitu troides helena linne, troides hypolitus cramer, troides haliphron boisduval, papilo adamantius, dan cathosia myrana.
antara tahun 1856-1857, alfred russel wallace meghabiskan sebagian hidupnya di kawasan tersebut kawasan tersebut untuk meneliti  berbagai jenis kupu-kupu. wallace menyatakan bantimurung merupakan the king of butterfly/kerajaan kupu-kupu, menurutnya lokasi tersebut terdapat sedikitnya 250 spesies kupu-kupu.
lokasi  wisata ini juga memiliki dua buah gua yang bisa dimanfaatkan sebagai wisata minat khusus. kedua gua itu adalah gua batu dan gua mimpi.

selain di kawasan bantimurung. taman nasional bantimurung-bulusaraung memiliki berbagai macam lokasi ekowisata yang menarik. di sana terdapat lebih dari 80 gua alam dan gua prasejarah yang tersebar di kawasan karts.

0 comments:

Post a Comment

Translate

Asli Bugis Makassar. Powered by Blogger.