DAENG

Thursday, September 24, 2015

"DAENG"

 aslibugismakassar.blogspot.co.id
        pernah kah anda mendengar kata daeng pada saat anda berkunjung ke kota makassar? apakah anda tau arti atau makna kata "daeng" tersebut.

kata "daeng" merupakan bahasa sulawesi selatan, yang dalam bahasa indonesia di artikan kakak lelaki. sebutan 'daeng' biasa digunakan untuk memanggil orang yang lebih tua. namun sebutan daeng memiliki makna berbeda bagi tiap suku daerah di sulawesi selatan.

di sulawesi selatan,terdapat dua suku besar yaitu suku makassar dan bugis. bagi masyarakat makassar 'daeng' merupakan kata paggilan utuk tiap orang lelaki maupun lelaki yang lebih tua usianya. kalau di makassar daeng itu lebih kepada semua laki-laki biasanya di panggil daeng.

tetapi untuk di bugis dan masyarakat bugis agak ketat memegang adat yang berlaku, utamya dalam hal perlapisan sosial. pelapisan sosial masyarakat merupakan suatu ciri khas bagi masyarakat bugis. sejak masa pra islam masyarakat bugis mudah membedakan atau menggelompokkan para anggota masyarakat secara bertingkat. di saat terbentuknya kerajaan dan pada saat yang sama tumbuh dan berkembang secara tajam stratifikasi sosial dalam masyarakat. stratifikasi sosial ini mengakitbatkan muculnya jarak sosial antara golongan atas dan golongan bawah.

dalam suku bugis jaman dulu di kenal 3 strata atau kasta. yaitu : kasta tertinggi 'ana arung/bangsawan , kasta berikutnya ialah 'to maradeka atau orang merdeka, dan kasta terendah adalah kasta 'ata atau budak.

dan untuk kata daeng di bugis gelar yang setara dengan nama daeng ialah to maradeka. namun dalam perkembangannya, panggilan daeng ini memiliki makna yang beragam. bisa berarti kakak dan bisa pula bermakna kelas sosial, namun demikian penggunaanya harus berhati-hati. apalagi untuk saat ini, penggunaan kata daeng sering di tunjukkan untuk masyaraakt kelas sosial tertentu seperti halnya daeng becak, daengsopir pete-pete 'angkot', daeng kuli bangunan dan lain-lain.

di sulawesi selatan sendiri khususnya penghormatan kepada tokoh bugis termaksud di dalamnya bangsawan. bangsawan sendiri biasanya menggunakan kata panggilan "puang", berbeda dengan kata 'daeng'. jadi hati-hatilah memanggil orang bugis dengan sebutan "daeng"

0 comments:

Post a Comment

Translate

Asli Bugis Makassar. Powered by Blogger.